NU Galang Dana untuk Banyuwangi

0
8
PCNU Kota Probolinggo melalui NU PEDULI, menggalang dana di sejumlah titik. Dana itu nantinya akan disalurkan ke korban banjir di Kabupaten Banyuwangi. kegiatan tersebut berlangsung mulai pukul 07.30 hingga pukul 10.30, Ahad(14/1).
Dalam kegiatan itu, PCNU menyebar pengurus dan anggotanya di enam titik. Masing-masing adalah pertigaan Kelurahan Katapang, perempatan Brak, pertigaan pemkot atau depan markas Kodim 0820, perempatan pertokoan King, Flora, dan perempatan Randupangger. Sasaranpenggalangan dana ialah para pengendara. 
Koordinator NU Peduli Hamdan Amrullah (38)mengatakan, apa yang dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap korban banjir di Banyuwangi. Disebutkan, meski tidak ada korban jiwa, ada lima desa terdampak banjirBanyuwangi.
Selain penggalangan dana, NU Peduli menurutnya juga menghimpun sumbangan berupa baju layak pakai. “Untuk pakaian layak pakai, dikumpulkan di kantor kami. Kalau penggalangan dana, ada 6 titik,” ujar Hamdan kemarin.
Selanjutnya, bantuan dana dan pakaian yang digalang NU Peduli ini akan dikirim langsung ke PCNU Banyuwangi. Aksi NU Peduli untuk korban banjir Banyuwangi ini dilakukan setelah PCNU Kota Probolinggo dikontak PCNU Banyuwangi. 
Kabar tentang bencana tersebut kemudian ditindaklanjuti dengan aksi NU Peduli. “Langsung kami tindak lanjuti dengan kegiatan seperti ini. Jumlahnya, belum diketahui.  Habis acara ini, kami hitung di kantor,” ujar Hamdan lagi. 
Menurutnya, jumlah dana dan pakaian serta sembako yang akan disumbangkannanti  tidak begitu dipersoalkan. Yang penting, PCNU kota bisa membantu korban terdampak banjir, agar bisa meringankan beban mereka. Tujuannya ikut membantu saudara kita di Banyuwangi. Kepedulian  terhadap sesama yang kita tanamkan kepada adik-adik yang terlibat di kegiatan ini,” imbuhnya.
Turut dalam kegiatan tersebut para siswa SMAN 1 Kota Probolinggo (Remas Al-Harokah), MTs Nusantara dan SMP Sunan Giri Kota Probolinggo.
Sementara itu, banjir di Banyuwangi terjadi di Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Rabu (10/1) malam terendam banjir oleh luapan sungai, sesaat setelah hujan deras mengguyur sejak sore hari itu. Sejumlah warga harus dievakuasi karena air sudah masuk ke dalam rumah. Ketinggian air di pemukiman warga antara 30 cm sampai 1 meter.  

Menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi, ada lima desa terdampak banjir tersebut, yaitu Desa Pesanggaran, Sumberagung, Sumbermulyo, Kandangan dan Desa Sarongan di Kecamatan Pesanggaran.   Setidaknya 2 jembatan terbawa arus air di Kampung Babatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here