Gugah Kreatifitas, LTN NU Gelar Pelatihan Jurnalistik

PROBOLINGGO – Pengurus Cabang Lembaga Ta’lif Wan Nasyr Nahdlatul Ulama (LTN NU) Kota Probolinggo menggelar pelatihan Jurnalistik, Desain Grafis dan Videografis yang bekerjasama dengan Diskominfo Kota Probolinggo. Sabtu (2/19)

Pelatihan yang berlangsung dua hari ini bertempat di Kantor Banger Telecenter diikuti 20 kader muda NU dari tim Kreatif LTN NU Kota Probolinggo.

Narasumber hari pertama, Yatimul Ainun menyampaikan kader muda NU perlu memahami dunia jurnalistik dalam memberikan infromasi terutama di media sosial.

“Banyak berita yang disebarkan tanpa mencari kejelasannya terlebih dahulu. Malah berita negatif yang disebarkan sedangkan berita positif justru dibiarkan begitu saja.” katanya.

Pimpinan redaksi media online nasional ini menambahkan, dengan adanya sarana pelatihan seperti ini diharapkan bisa membawa nama NU lebih dikenal di era digital.

“Kader muda NU harus menjadi motor disegala lini, termasuk di sosial media,” tegasnya.

SERIUS: Para peserta pelatihan saat prakek menulis diakhir pelatihan.

Sementara ketua LTN-NU Kota Probolinggo Dr. Ansori mengatakan, kegiatan ini diharapkan dapat semakin merangsang terciptanya budaya literasi di kalangan warga Nahdliyin Kota Probolinggo.

“Tak terkecuali di dunia maya, warga NU juga harus ikut mewarnainya dengan tulisan mereka. Bila tidak, maka kekosongan tersebut bisa jadi akan diisi oleh mereka yang mengusung paham intoleran,” terang Ansori.

Ia menambahkan, para peserta akan mendapatkan beberapa materi jurnalistik, yaitu teori dasar jurnalistik dan tata cara membuat berita yang baik dan benar.

“Harapannya setelah pelatihan ini, para peserta juga dapat meramaikan situs website yang dimiliki NU Kota Probolinggo, dengan menulis berita kegiatan dari masing-masing daerah,” ungkapnya. (Njb/Rz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *